Wednesday 2 September 2015

Ikan Mas Koi

ikan mas koi - ikan hias blog
Ikan Mas Koi

Ikan Koi dalam bahasa jepang berarti ikan karper. Ikan ini termasuk ikan mas (Cyprinus Carpi) sehingga orang indonesia sering menyebutnya ikan mas koi. Ikan ini mempunyai ornamen yang sangat indah dan jinak yang membuat ikan ini cocok sebagai ikan hias. Selain keindahannya, di Jepang ikan ini digunakan sebagai lambang kasih sayang dan cinta.

Macam-macam Ikan Koi


Ikan Koi Kohaku
ikan mas koi kohaku - ikan hias blog
Ikan Koi Kohaku
Jenis ikan koi ini memiliki corak warna merah dan putih. Warna merah pada ikan koi kohaku ini ada yang putus-putus, ada yang lebar dan ada yang menyapu. Koi kohaku yang memiliki kualitas bagus adalah koi yang warna merah gelap dan putih seperti salju.

Ikan Koi Showa
ikan mas koi showa - ikan hias blog
Ikan Koi Showa
Ikan koi showa ini memiliki 3 kombinasi warna pada sisiknya yaitu warna merah, putih serta hitam. Jenis koi ini merupakan hasil persilangan dari ikan koi kohaku dengan ikan koi shiro utsuri.

Ikan Koi Ki Bekko
ikan mas koi ki bekko - ikan hias blog
Ikan Koi Ki Bekko
Jenis ikan ini memiliki warna dasar kuning dengan corak warna hitam. Ikan ini termasuk ikan yang sulit didapatkan.

Ikan Koi Aka Bekko
ikan mas koi aka bekko - ikan hias blog
Ikan Koi Aka Bekko
Sama halnya dengan ikan koi ki bekko, ikan jenis ini memiliki warna dasar merah dengan pola hitam kecil-kecil di atasnya. Warna hitam memiliki spot yang indah dan menarik.

Ikan Koi Shiro Utsuri
ikan mas koi shiroki - ikan hias blog
Ikan Koi Shiro Utsuri
Jenis ikan koi ini memiliki warna hitam dan putih. Pola warna pada jenis ikan ini sangat unik dan menarik. Bagian kepala ikan ini harus berwarna hitam dan putih. Warna di bagian kepala tidak boleh hitam saja atau putih saja.

Ikan Koi Asagi
ikan mas koi asagi - ikan hias blog
Ikan Koi Asagi
Ikan koi jenis asagi merupakan jenis ikan koi yang memiliki warna dasar putih dengan kombinasi warna merah atau orange di bagian perut, insang, sirip dan tubuhnya. Warna merah atau orange akan berkembang seiring dengan bertambahnya usia ikan. Ikan ini memiliki pola yang unik seperti jaring di bagian atasnya. Ikan ini termasuk dalam jenis koi yang sudah lama keberadaannya.

Ikan Koi Shusui
ikan mas koi shusui - ikan hias blog
Ikan Koi Shusui
Ikan koi jenis shusui memiliki warna dasar putih yang ditutupi dengan warna merah atau orange lebar. Ikan ini memiliki pola bersisik di sepanjang punggung yang berwarna gelap. Ikan Koi Shusui memiliki kesamaan warna seperti Asagi. Hal yang membedakan antara Shusui dengan Asagi adalah Shusui mempunyai pola garis disepanjang punggung, sedangkan Asagi mempunyai pola jaring berwarna biru dipunggungnya.

Ikan Koi Tancho
ikan mas koi shiroki - ikan hias blog
Ikan Koi Tancho

Jenis ikan koi ini yang paling populer diantara jenis ikan koi lainnya, bahkan kepopuleran jenis ikan ini mengalahkan kohaku. Ikan Koi Tancho memiliki warna putih dengan pola bulat berwarna merah pada bagian kepalanya. Penempatan pola di kepalanya menunjukkan kualitas ikan tersebut.

2 comments:

  1. terimakasih infonya sangat menarik sekali http://bit.ly/2Mb63lq

    ReplyDelete
  2. Infonya sangat menarik http://bit.ly/2MK7uo7

    ReplyDelete